Kamis, 18 Desember 2014

Cara Mengobati Bayi Batuk dan Pilek (Bagian Kedua)

Cara Mengobati Bayi Batuk dan Pilek (Bagian Kedua)


Baiklah, mari kita lanjutkan pembahasan dari artikel sebelumnya Cara Mengobati Bayi Batuk dan Pilek (Bagian Pertama)

Terus Bagaimana Cara Mengobatinya?

Berikut ini dia cara-caranya...

1. Tetap Memberikan Sang Bayi ASI

Cara-Mengobati-Bayi-Batuk-dan-Pilek-tradisional-alamiKarena apa-apa yang terkandung dalam ASI itu bakalan meningkatkan daya tahan tubuhnya sang bayi. Juga, karena gerakan sang bayi ketika mengisap payudata, jadinya saluran estachius yang menghubungkan hidung dengan telinga pun menjadi tertutup. Dengan begini, insya Allah menjadi kecillah resiko terjadinya infeksi telinga oleh bakteri yang ada di hidung, dan yang ada di tenggorokan.

2. Menjemur Sang Bayi Ketika Pagi

Soalnya, bakteri, jamur, dan virus, bisa dibasmi dengan sangat baik apabila ada sinar matahari.

3. Mengeluarkan Cairan di Hidungnya

Agar bisa meredakan hidung sang bayi yang tengah tersumbat, cobalah Anda mengeluarkan cairan-cairan yang ada pada hidungnya, dengan penguapan, dan dengan menepuk-nepuk punggung sang payi yang berposisi telungkup di paha Anda.

Pun, Anda juga bisa menyedot cairan dari hidungnya dengan bantuan alat penyedotan. Namun, jangan lupa, sebelum menggunakan alat penyedotan tersebut, ada baiknya Anda meneteskan obat tetes air garam (saline) pada lubang hidung sang bayi.

Kemudian tatkala ia tengah bobok, Anda posisikanlah kepalanya sedikit lebih tinggi dari tempat tidurnya. Mungkin Anda bisa meletakkan bantal, atau kalau nggak ada yang agak kecil, bisa pakai lipatan selimut, di bawah kepala sang bayi.

4. Memberikan Obat Penurun Panas

Sekiranya suhu tubuh bayi Anda sudah mencapai 38,5°C. Terutama pada bayi yang memiliki resiko kejang, Namun, sebaiknya, berikanlah obat penurun panas yang herbal, seperti madu khusus penurun panas misalnya. Karena obat herbal itu relatif aman dikonsumsi bagi bayi, lantaran 100% alami, tanpa pewarna, tanpa perasa, tanpa pengawet, sehingga jauh dari efek samping bahan kimia. Pun kerapnya ampuh dan efektif.

Begitulah...

Oh iya, sepertinya perlu juga Anda konsultaikan ke dokter tentang bayi Anda, kalau dia mengidap batuk pileknya udah lebih dari 7 hari, atau, kalau sudah menunjukkan gejala:

  • Nggak bisa menelan
  • Nggak mau minum cairan, dan jadi kerap muntah
  • Perutnya sakit
  • Pucat, serta sangat mengantuk sekali
  • Rewel sekali, sering menangis
  • Ruam kulit
  • Sakit kepala yang parah
  • Sakit telinganya, mungkin ia terserang infeksi telinga
  • Susah bernapas, atau bernapasnya cepat sekali
  • Terus-menerus batuknya
  • Tetap demam tinggi, meski sudah diberi obat penurun panas
Penutup

Begitulah kurang-lebih tips mengatasi batuk pilek pada bayi. Semoga bisa membantu Anda, dan semoga bayi kesayangan Anda bisa segera disembuhkan Allah. Aamiinn...

Sumber materi: Wikipedia
Sumber gambar: Pixabay
Share This

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Like Us